Selasa, 14 Februari 2012

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE-A MATCH UNTUK MENINGKATKAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR IPS-EKONOMI PADA KONSEP UANG DIKELAS IX.A SMP NEGERI 7 KENDARI


ABSTRAK

 “Penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Make-A Match untuk meningkatkan akyifitas dan hasil belajar IPS-Ekonomi pada Konsep Uang dikelas IX.A SMP Negeri 7 Kendari “

(Elvira Talanipa,S.Pd.M.Pd,20 halaman, tahun 2011)
Kata Kunci : Aktifitas, Hasil belajar Ekonomi, Pembelajaran Kooperatif
Tipe Make – A Match .
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktifitas dan hasil belajar siswa SMP Negeri 7 kendari pada mata pelajaran IPS-Ekonomi pada Konsep Uang. Kesulitan bagi siswa dalam menghafal mata uang Negara-negara diDunia merupakan permasalahan sehingga perlu peningkatan aktifitas dan hasil belajae siswa serta keterampilan proses guru mengajar pada konsep uang melalui pembelajaran Kooperatif ipe Make-A Match. Subyek penelitian ini siswa kelas IX.A diSMP Negeri 7 Kendari dilaksanakan pada semester ganjil 3 kali pertemuan dalam 2 siklus penelitian. Dari hasil penelitian ternyata pembelajaran Make-A Match dapat meningkatkan aktifitas belajar dari cukup baik menjadi baik dan hasil belajar dengan ketuntasan dari 66,67% menjadi 91,67%. Maka secara umum pelaksanaan kegiatan pembelajaran Kooperatif tipe Make- A Match dapat meningkatkan aktifitas belajar dan hasil belajar dalam pelajaran IPS-Ekonomi kompetensi dasar Mendeskripsikan Uang dan Lembaga Keuangan pada siswa Kelas IX.A si SMP Negeri 7 Kendari.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar