ABSTRAK
“Penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe
Make-A Match untuk meningkatkan akyifitas dan hasil belajar IPS-Ekonomi pada
Konsep Uang dikelas IX.A SMP Negeri 7 Kendari “
(Elvira Talanipa,S.Pd.M.Pd,20
halaman, tahun 2011)
Kata Kunci : Aktifitas, Hasil
belajar Ekonomi, Pembelajaran Kooperatif
Tipe Make – A Match .
Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktifitas dan hasil belajar siswa SMP
Negeri 7 kendari pada mata pelajaran IPS-Ekonomi pada Konsep Uang. Kesulitan
bagi siswa dalam menghafal mata uang Negara-negara diDunia merupakan
permasalahan sehingga perlu peningkatan aktifitas dan hasil belajae siswa serta
keterampilan proses guru mengajar pada konsep uang melalui pembelajaran
Kooperatif ipe Make-A Match. Subyek penelitian ini siswa kelas IX.A diSMP
Negeri 7 Kendari dilaksanakan pada semester ganjil 3 kali pertemuan dalam 2
siklus penelitian. Dari hasil penelitian ternyata pembelajaran Make-A Match
dapat meningkatkan aktifitas belajar dari cukup baik menjadi baik dan hasil
belajar dengan ketuntasan dari 66,67% menjadi 91,67%. Maka secara umum
pelaksanaan kegiatan pembelajaran Kooperatif tipe Make- A Match dapat
meningkatkan aktifitas belajar dan hasil belajar dalam pelajaran IPS-Ekonomi
kompetensi dasar Mendeskripsikan Uang dan Lembaga Keuangan pada siswa Kelas
IX.A si SMP Negeri 7 Kendari.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar