Selasa, 14 Februari 2012

HUBUNGAN KONDISI LINGKUNGAN BELAJAR DAN KEMAMPUAN MENGAJAR GURU DENGAN HASIL BELAJAR IPS


ABSTRAK

ELVIRA TALANIPA. Hubungan Kondisi Lingkungan Belajar dan Kemampuan Mengajar Guru dengan Hasil Belajar IPS (Studi Korelasional pada Siswa SMP di Kota Kendari) 

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) apakah terdapat hubungan kondisi lingkungan belajar dengan hasil belajar IPS siswa SMP Negeri di Kota Kendari? (2) apakah terdapat hubungan kemampuan mengajar guru dengan hasil belajar IPS siswa SMP Negeri di Kota Kendari? (3) apakah terdapat hubungan secara bersama antara kondisi lingkungan belajar dan kemampuan mengajar guru dengan hasil belajar IPS siswa SMP Negeri  di Kota Kendari?
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) hubungan antara kondisi lingkungan belajar dengan hasil belajar siswa; (2) hubungan antara kemampuan mengajar guru dengan hasil belajar siswa; dan (3) hubungan antara kondisi lingkungan belajar dan kemampuan mengajar guru secara bersama-sama dengan hasil belajar siswa.
Metode yang digunakan dalam Penelitian ini  adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri se-Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara dengan mengambil sampel sebanyak 97 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument yang dikembangkan sendiri oleh peneliti dengan terlebih dahulu diuji coba secara empirik untuk validitas dan reabilitasnya.
Hasil penelitian menemukan bahwa (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara kondisi lingkungan belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS seperti ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,738 dan koefisien determinasi sebesar 0,5446; (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara kemampuan mengajar guru dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS seperti ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,712 dan koefisien determinasi sebesar 0,507; dan (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara kondisi lingkungan belajar dan kemampuan mengajar guru dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS secara bersama-sama dengan koefisien korelasi ganda sebesar 0,769 dan koefisien determinasi sebesar 0,591. Dengan demikian untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS maka faktor kondisi lingkungan belajar dan kemampuan mengajar guru merupakan faktor-faktor penentu dan perlu menjadi perhatian bagi para guru IPS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar