ABSTRAK
ELVIRA TALANIPA. “Hubungan Kondisi Lingkungan
Belajar dan Kemampuan Mengajar Guru dengan Hasil Belajar IPS (Studi
Korelasional pada Siswa SMP di Kota Kendari)”
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) apakah terdapat hubungan kondisi lingkungan
belajar dengan hasil belajar IPS siswa SMP Negeri di Kota Kendari? (2) apakah
terdapat hubungan kemampuan mengajar guru dengan hasil belajar IPS siswa SMP
Negeri di Kota Kendari? (3) apakah terdapat hubungan secara bersama antara
kondisi lingkungan belajar dan kemampuan mengajar guru dengan hasil belajar IPS
siswa SMP Negeri di Kota Kendari?
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) hubungan antara kondisi lingkungan belajar dengan
hasil belajar siswa; (2) hubungan antara kemampuan mengajar guru dengan hasil belajar
siswa; dan (3)
hubungan antara kondisi lingkungan
belajar dan kemampuan mengajar guru secara bersama-sama dengan hasil
belajar siswa.
Metode yang digunakan dalam Penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini
adalah siswa kelas VII SMP Negeri se-Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara dengan mengambil sampel sebanyak 97 orang. Pengumpulan data
dilakukan dengan menggunakan instrument yang dikembangkan sendiri oleh peneliti
dengan terlebih dahulu diuji coba secara empirik untuk validitas dan
reabilitasnya.
Hasil penelitian menemukan bahwa (1) terdapat hubungan positif dan
signifikan antara kondisi lingkungan
belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS seperti ditunjukkan dengan
koefisien korelasi sebesar 0,738 dan koefisien determinasi sebesar 0,5446; (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara kemampuan mengajar
guru dengan hasil belajar siswa pada
mata pelajaran IPS seperti ditunjukkan dengan koefisien
korelasi sebesar 0,712 dan koefisien determinasi sebesar 0,507; dan (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara kondisi lingkungan belajar dan
kemampuan mengajar guru dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS
secara bersama-sama dengan koefisien korelasi ganda sebesar 0,769 dan koefisien
determinasi sebesar 0,591. Dengan demikian untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS
maka faktor kondisi lingkungan belajar dan
kemampuan mengajar guru merupakan faktor-faktor penentu dan perlu menjadi
perhatian bagi para guru IPS.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar